Banyak
kalangan anak muda yang sudah tidak asing dengan brand yang satu ini. Miniso
hadir di tengah era konsumtif masa kini yang memberikan solusi pemenuhan
berbagai kebutuhan yang meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan
informasi.
Penyebaran dan pemasarannya sangat efektif, menargetkan para anak
muda sebagai konsumen yang selektif dan brand
oriented. Sesuai dengan prinsip perusahaan yang ingin ditanamkan yaitu
“Produk Konsumen Cerdas”.
Miniso
merupakan merek desainer yang berbasis di Jepang, yang didirikan bersama oleh
desainer Jepang Mr. Miyake Junya dan pengusaha muda Cina Mr. Ye Guofu di Tokyo.
Berpegang pada filosofi hidup “kesederhanaan, sifat dan kualitas yang baik” dan proporsi merek “kembali ke alam”, Miniso
mendapatkan popularitas di kalangan konsumen. Mereka memiliki sistem untuk
memperbarui produk setiap tujuh hari. Mengusung harga pada tingkat rendah
menjadikan suatu kelebihan bagi merek ini. Miniso telah menetapkan dan menargetkan
rantai produk konsumen yang cerdas. Mereka ingin menanamkan tren tersebut untuk
disebarluaskan dan terbukti sekarang merek Miniso telah menjadi lifestyle bagi kebanyakan pemuda masa
kini.
Miniso
aktif mengeksplorasi pasar internasional dan telah membuka lebih dari 2600 toko
dalam waktu kurang dari empat tahun, serta perputaran bisnis mencapai USD 1,5
miliar pada tahun 2016, dan terus berkembang hingga kini.
Menjadi
home good store yang terpercaya
merupakan pencapaian yang sangat besar terutama pada konsumen di Indonesia yang
tentunya lebih selektif dalam melakukan upaya pembelian suatu produk. Pada
umumnya konsumen di Indonesia lebih terbuka pada suatu produk apabila produk
tersebut memiliki harga yang lebih murah ketimbang produk pesaing. Kemudian Miniso
mampu menghadirkan produk yang sesuai dengan karakteristik konsumen di
Indonesia. Dimana untuk masalah kualitas sudah tidak dapat diragukan lagi.
Dengan
konsep layout dan interior yang bernuansa simpel dengan dominan warna putih
disertai logo Miniso warna merah dan rak – raknya yang berbahan kayu, memang
menjadikan Miniso sebagai merek yang sederhana namun tetap mengusung konsep
modern walau menggunakan unsur ‘nature’
didalamnya. Menjual berbagai kebutuhan sehari – hari mulai dari barang rumah
tangga seperti peralatan makan, rak, ada juga peralatan elektronik. Barang –
barang fashion seperti tas, kacamata, topi dan jam tangan juga disediakan
disini. Sampai dengan beauty stuff yang
terdapat berbagai macam jenisnya. Dengan semua kelebihan yang ditawarkan Miniso
seakan mengalihkan tren lifestyle
anak muda masa kini. Banyak anak muda yang menganggap suatu keharusan untuk
membeli produk – produk Miniso, terlebih brand yang sudah mendunia. Menjadikan
produk ini tak kalah saing dengan yang lain. Sesuai dengan segmentasi yang
dilakukan oleh Miniso, mereka menargetkan konsumen berusia 18-35 tahun. Hal ini
yang menyebabkan pemasaran dan penyebaran informasi tentang merek ini sangat
cepat dan efektif untuk sampai kepada sasaran.
Dengan
tingginya animo akan merek Miniso ini, bahkan PT Miniso Lifestlye Trading akan
mengembangkan gerai pada awal tahun ini. Mereka menargetkan untuk menambah 100
gerai lagi di seluruh Indonesia. Miniso Lifestyle juga akan membangun beberapa
gudang dan pusat distribusi di Jakarta dan Jawa Timur. Gudang dan pusat
distribusi ini untuk mendukung ekspansi gerai yang terbilang masif pada tahun
2018. Ke depan, Miniso merencanakan pengembangan gudang untuk mendukung
ekspansi ke wilayah timur Indonesia. Terutama ke wilayah Makassar, Sulawesi
Selatan dan Manado, Sulawesi Utara. Saat ini, Miniso hanya memiliki satu gudang
di Karawang, Jawa Barat. Lalu, satu pusat distribusi di Jakarta sedang dalam
tahap pembangunan.
Komentar
Posting Komentar